Cara Memilih Mukena yang Nyaman untuk Dikenakan

Cara Memilih Mukena yang Nyaman untuk Dikenakan

Bulan ramadhan merupakan bulan penuh berkah, bulan dimana kita harus meningkatkan ibadah kepadaNya. Memang tidak harus mengenakan serba baru, tapi kalau dengan mempunyai perlengkapan ibadah yang barus, kita bisa meningkatkan ibadah, tentulah tidak mengapa. Apalagi wanita, tentu saja mukena menjadi salah satu yang wajib diperhatikan. Di jaman digital seperti sekarang ini, anda bisa membeli semuanya termasuk perlengkapan ibadah secara online.

Saat ramadhan, penggunaan mukena lebih intens dan lama waktunya karena digunakan untuk tarawih pula. Pilih mukena yang bisa membuat anda tahan sholat selama sejam lebih, yang nyaman dan tidak mudah menimbulkan bau. Anda harus tahu seperti apa mukena yang bagus untuk digunakan. Jika
masih bingung dalam memilih mukena, ikutilah panduan memilihnya seperti berikut ini!

Tentukan model

Ketika membeli mukena, baik secara offline maupun online, langkah pertama yang harus anda perhatikan adalah. Tentukan model mukena, ada beberapa model mukena yang bisa anda pilih. Model yang pertama adalah model potongan yakni atasan dan bawahan. Model ini biasa digunakan untuk di rumah dan bagus untuk anak-anak juga. Sedangkan model yang kedua adalah terusan yakni seperti gamis tapi dari penutup kepala sampai kaki. Model terusan sangat tepat untuk bepergian karena tidak memerlukan banyak ruang penyimpanan. Kalau model yang ketiga adalah atasan bawahan, tapi bagian atasnya tidak mempunyai penutup kepala. Hal ini dimaksudkan untuk wanita berhijab. Bagian atas yang tanpa penutup kepala ini membuat para hijabers, tidak perlu menatap hijab kembali setelah selesai sholat.

Lihat dulu bahan mukena

Ketika membeli pakaian, jangan lupa perhatikan bahannya. Sama seperti model, ada beragam pilihan bahan mukena. Kalau untuk mukena yang paling murah, biasanya menggunakan pahan parasit yang tipis dan menerawang. Sedangkan yang mahal, menggunakan bahan katun terkadang katun bermotif atau katun polos. Katun ini disukai banyak orang karena adem, menyerap keringat, sehingga tidak menimbulkan bau keringat jika dikenakan dalam waktu lama. Bahan katun juga cukup ringan, mudah dilipat dan bisa dibawa kemana saja. Namun, kelemahannya adalah mudah kusut kalau tidak dilipat dengan rapi.

Tentukan warna dan motif

Selanjutnya yang perlu anda pilih adalah warna dan motif. Dalam pemilihan warna, anda bisa sesuaikan dengan favorit anda. Kalau suka dengan warna biru pilih biru, kalau suka dengan merah pilih warna merah dan sebagainya. Tapi, jika ingin yang terbaik pilihlah warna putih. Warna putih merupakan pilihan tepat untuk beribadah. Selain warna, anda juga perlu memerhatikan motif. Ada berbagai motif dipasaran, ada yang polos, ada motif bunga-bunga dan banyak lagi motifnya. Pastikan motif yang anda pilih sesuai dengan tingkat usia dan karakter anda. Atau jika tidak ingin motif rame, anda dapat membeli mukena dengan bordiran saja. Bordir akan membuat mukena terlihat elegan nan mewah. Namun, biasanya untuk bordir, harga lebih tinggi.

Pilih ukuran yang sesuai

Mukena tidak bagus jika kepanjangan karena bisa membuat anda kesrimpet saat sholat. Selain itu, jika kependekan atau kesempitan juga bisa tidak menutupi aurat. Padahal menutup aurat adalah syarat wajib sholat, jadi harus dipatuhi. Anda harus memilih mukena yang menutupi tangan serta telapak tangan, wajah, kaki secara sempurna. Pada bagian mukanya, pastikan pas dengan dagu anda. Sebab, jika kegedean bisa menganggu anda saat sedang sholat. Bagi anda yang mempunyai kaki panjang, bisa menambahkan kain pada bagian bawahannya. Sehingga, dapat menutupi aurat sesuai aturan.

Cek bagaimana jahitannya

Kualitas jahitan sangat penting diperhatikan karena itu mempengaruhi tingkat keawetan mukena. Perhatikan jahitan demi jahitannya, cek apakah halus atau tidak, banyak yang lepas atau tidak. Pokoknya, pastikan jahitan rapi dan bisa membuat mukena tahan lama. Umumnya, merek yang berkualitas, memiliki kualitas jahitan bagus. Jadi, anda bisa memilih mukena dari brand terkenal seperti Tatuis, Agatha dan sebagainya.

Memeriksa kelengkapan mukena adalah bagian akhir ketika membelinya. Kelengkapan tersebut biasanya adalah tas, karena kalau ada tasnya mukena bisa lebih rapih saat dibawa kemana pun pergi. Kalau sedang mencari mukena, anda bisa berbelanja di blibli.com. Buka situs atau aplikasinya, pilih mana yang terbaik untuk anda.