Cara Merawat Kaca Helm agar Tidak Mudah Menjadi Buram

Cara merawat kaca helm seringkali dicari oleh banyak orang yang ingin mengetahui lebih tentang hal ini. Soalnya tidak bisa dipungkiri juga bahwa kaca helm merupakan bagian penting ketika seseorang berkendara. Terutama dalam hal menjaga keselamatan selama berada di atas motor. Untuk itu berikut ada cara merawatnya agar tidak mudah menjadi buram seperti berikut. 

cara merawat kaca helm
kemudiku

1. Bersihkan Secara Berkala


Cara merawat pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkannya secara berkala. Paling utama adalah dengan melap pada bagian kaca secara teratur. Soalnya bagian kaca inilah yang paling sering terkena debu dan juga sinar matahari. Apabila tidak dibersihkan maka debu dan sinar matahari tersebut akan merusak kualitas dari kaca. 

Hal tersebutlah yang kemudian membuat kaca menjadi buram atau tidak jelas. Selain itu, ketika mengelap kaca maka usahakan untuk membersihkan kaca terlebih dulu dari debu. Untuk pembersihan dari debu Anda bisa menggunakan banyak pilihan. Mulai dari hand sanitizer, sabun biasa hingga sabun cuci piring ternyata diketahui ampuh untuk menghilangkan debu pada helm.

 2. Gunakan  Cairan Pembersih Khusus


Cara merawat kaca helm yang berikutnya adalah dengan menggunakan cairan pembersih khusus yang sekarang sudah banyak di pasaran. Tentunya cairan pembersih khusus tersebut adalah cairan pembersih khusus kaca helm. Untuk cara menggunakannya sendiri cukup mudah hampir sama seperti ketika membersihkan kaca rumah dan pastikan sudah terbebas dari debu. 

3. Lakukan Perawatan Khusus


Untuk bisa merawat kaca helm maka Anda tidak bisa hanya berfokus pada proses pembersihannya tapi juga harus perawatannya. Menyoal agar kaca tidak buram maka melakukan perawatan khusus mesti dilakukan secara rutin. Perawatan khusus tersebut bisa dimulai dengan menyimpan helm yang berisiko membuatnya terkena goresan hingga merusak bagian dalam. 

Perawatan khusus berikutnya yang mesti dilakukan adalah dengan mencegah kaca helm terkena paparan sinar matahari terlalu lama. Bukan tanpa alasan karena paparan sinar matahari yang terjadi secara langsung dan terus menerus akan membuat kaca helm menajdi buram. Bahkan apabila tidak segera dilakukan perawatan maka akan membuat kaca helm menjadi sulit jernih. 

Perawatan khusus yang terakhir adalah dengan cara menyimpan helm dalam sarung khusus helm. Biasanya hal ini mesti dilakukan apabila helm tidak akan digunakan dalam waktu yang lama atau akan dibawa dalam perjalanan. Dengan sarung khusus helm tersebut maka gesekan dapat dihindari dan membuat kualitas dari kaca helm dapat terus terjaga dengan baik. 

Dengan mengetahui cara merawat kaca helm, maka Anda tidak perlu lagi berhadapan dengan kaca helm yang buram. Seperti yang diketahui bahwa kaca helm yang buram ini akan sangat membahayakan apabila digunakan dalam berkendara. Bahkan keselamatan Anda yang menjadi taruhannya dan oleh karena itu sebaiknya dihindari.